Pages

Selasa, 12 Juli 2011

MEMFORMAT FONT


Untuk memperindah tampilan dokumen, kita dapat mengganti jenis huruf, ukuran huruf, styles huruf maupun warna huruf. Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan.
Caranya : Klik menu Home, kemudian pada ribbon Font klik ikon di pojok kanan bawah (Gambar 1) untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti pada (Gambar 2)

Gambar 1. Ribbon font

Gambar 2. kotak dialog Font

KETERANGAN PADA GAMBAR 1
1) Menggunakan Perintah Singkat (Icon).
Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf
dan sebagainya dengan menggunakan perintah singkat/icon. Caranya:
a. Tandai terlebih dahulu teks yang ingin kita rubah atau dapat dilakukan
sebelum memulai mengetik
b. Untuk merubah jenis huruf, klik item font (pada gambar panah) yang
terdapat pada tab home dan grup Font, sehingga muncul daftar huruf dengan preview
bentuknya. Lalu Kliklah pada huruf yang akan dipilih.
c. Untuk merubah ukuran huruf, kliklah item font size yang disebelah item font
lalu kliklah ukuran huruf yang diinginkan

d.
Untuk membuat huruf cetak tebal, klik icon bold yang berada di bawah item font Click Bold . Atau bisa juga dengan
menekan CTRL+B di keyboard.
e. Untuk membuat huruf miring, klik icon italic disebelah kanan icon bold Atau bisa juga dengan menekan CTRL+I di keyboard.
f.
Untuk menggaris bawahi huruf klik icon underline disebelah kanan icon italic. Atau bisa juga dengan menekan CTRL+U di keyboard.
g.
Untuk membuat huruf naik misalnya perpangkatan (m2), klik icon . Atau bisa juga dengan menekan CTRL+Shift + di keyboard.
h.
Untuk membuat huruf turun misalnya pada rumus kimia (O2), klik icon .
i.
Untuk merubah warna huruf klik icon .
j.
Untuk merubah bentuk misalnya dari hurup kapital ke huruf biasa, dan sebagainya klik icon lalu pilihlah bentuk yang diinginkan.

PENGGUNAAN KOLOM KORAN
PENGGUNAAN DROP CUP
DAN PENGGUNAAN FORMAT TAB
A. Pembuatan Kolom Koran
Untuk membuat kolom koran langakah-langkahnya dapat di ikuti seperti dibawah ini : 1. Ketik teks
  1. Tandai atau blok teks
Pilih toolbar Columns dari menu Format. Berikutnya akan ditampilkan kotak dialog Columns. seperti dibawah ini :
B. Pembuatan Drop Cap
Pertama tama kami akan menjelasakn Pengertian Drop cap atau dropped, arti dari adalah huruf atau kata pertama dalam paragraf yang di tampilkan lebih besar dan mencolok , duna dari drop cap ini antara lain adalah jika kamu atau seseorang meminta kamu untuk membuatkan cerita pendek , atau cerita rakyat dan sebagainya kamu bisa menggunkan fasilitas ini untuk ceritamu agar bisa menjadi menarik.Untuk memberikan drop cap pada awal paragraph ikuti langkah berikut:
1. Pilih(sorot) huruf atau kata kata pertama dari paragraph yang akan kita jadikan drop cap
2.Pilih dan klik menu format, drop cap, dan kotak dialog drop cap akan di tampilkan
Contoh Kotak Dialog Drop Cap
3. Pada bagian potision pilih dan klik bentuk dropcap yang diinginkan kemudian klik salah satu pilihan berikut :
- NONE, digunakan utuk pembatalan drdopcap
- DROPPED , digunakan agar dropcap berada pada margin kiri
- IN MARGIN , digunakan agar drop capagar dropcap berada pada margin kiri
4. Pada bagian options kita dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut.
Pada tombol daftar pilihan font , pilih dan klik jenis huruf yang diinginkan
Pada kotak isian lines to drop, tentukan jumlahbaris yang diinginkan menempatkan drop cap tersebut :
5. klik OK
C. Pembuatan Format Tab
Cara Penggunaan Format Tab :
1. Buka Microsoft word dan akan tampil document baru. Setelah itu klik pada menu bar FORMAT>TABS>
2. Dalam settingan di atas berisikan TAB STOP POSITION= 5” DEFAULT TAB STOP = 5” ALIGNMENT= LEFT LEADER= 2. titik panjang (karena saya akan menyisipkan karakter titik (.) Kemudian kelikm SET, disusul dengan mengklik OK. Dan inilah hasilnya :
3. Hasilnya

PEMBUATAN TABEL DALAM
MICROSOFT WORD 2007
A. Membuat Tabel
Cara membuat tabel pada program microsoft word sangat mudah sekali, tapi bagi yang belum tahu caranya, membuat tabel mungkin bisa dibilang sangat susah. bagi kamu yang belum bisa membuat tabel tidak usah bingung, ikuti saja panduan berikut ini :
1. Pertama – tama Buka program microsoft word pada computer anda, maka akan tampil gambar seperti berikut :
2. Kemudian klik menu table kemudian letakkan kursor pada coloumn seperti pada gambar dibawah ini:
3. Setelah kita memilih kolom yang kita inginkan secara otomatis kolom akan terbentuk pada pada halaman kerja kita di word 2007……seperti Gambar di bawah ini ;
* Jika kita telah mendapat kolom yang kita inginkan, kita sudah bisa mulai bekerja.
* Misal kita mau membuat tabel seperti dibawah ini :
4. Setelah kita klik tabel, pilih menu insert table nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini :
Table size :
- Number of colomns untuk menentukan berapa jumlah kolom yang akan dibuat
- Number of row untuk menentukan beberapa baris yang akan dibuat.
Autofit behavior :
Fixed colomn width untuk menentukan ukuran lebar kolom, jika ingin sesuai dengan lebar kertas pilih auto.(gambar)
B. MENGGANTI FORMAT TABEL :
Bila anda merasa bahwa format tabel kurang sesuai, kita dapat mengganti format tabel tersebut. Langkah – langkah melakukannya adalah sebagai berikut:
Klik menu insert - Table pilih quick tables. Maka berbagai bentuk tabel akan anda temukan, pilih / klik jenis tabel yang anda inginkan. Seperti gambar berikut ini :
C. Menambah Baris dan Kolom
Kadang – kadang, setelah menambah tabel ke dokumen, kita mendapati bahwa kita membutuhkan jumlah baris atau kolom yang lebih banyak dari yang sudah tersedia. Karena itu, kita perlu menambahkan kolom dan baris tabel.
Untuk menambah baris tabel, dapat dilakukan dengan langkah langkah sebagai berikut :
Letakkanlah kursor di baris tabel tempat kita ingin menambahkan baris.
klik Kanan untuk menambahkan satu atau lebih baris dan kolom seperti pada gambar di bawah ini.
Kita juga dapat menambah baris dengan cara meletakkan kursor disebelah kanan di luar kolom tabel yang paling kanan, kemudian menekan tombol Enter di keyboard. Sedangkan untuk menambah kolom dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Letakkan kursor dikolom tabel tempat kita ingin menambahkan sebuah kolom.
Dari menu layout, maka akan tampak gambar sebagai berikut :
Pada Menu Layout ini terdapat beberapa pilihan seperti : properties, delete, insert above, insert below, dan sebagainya
D. Menyisipkan Baris dan Kolom Baru
Pada Menu Layout tersebut kita dapat kemudahan untuk berbagai keinginan, seperti menghapus kolom : kita hanya perlu mengklik dalate table pada menu layuot.
Berbagai pilihan kita dapatkan di pilihan menu layout.
Pada microsoft word 2007 lebih mudah digunakan dan lebih banyak pilihan nya
Dengan menu Layout kita lebih di mudahkan untuk menghapus tabel, menambah, menyisip, dan mengatur letak tabel pada word kita
Mengatur Letak Tabel
Blok Tabel, Pilih menu Layout klik Property
Akan tampak gambar sebagai berikut :
E. Menghapus Baris, Kolom, dan Tabel
Blok terlebih dahulu kolom atau baris yang mau hapus kemudian dengan Menggunakan Menu Layout-DeleteTabel
F. Mengisi Tabel
  1. Kliklah pada sel yang diinginkan, mis. Baris 1, kolom 2 ( sel B1)
  2. Ketik Januari, untuk pindah ke sel berikutnya tekan TAB, atau klik pada sel yang diinginkan, lengkapi tabel sehingga tampilan seperti berikut :
Mengatur Lebar Kolom
Letakkan kursor mouse pada batas antar kolom (sebelah kanan dan kolom yang diinginkan) bentuk kursor mouse berubah menjadi panah kekiri dan ke kanan.
Mengatur Tinggi Baris dan Aligment Tabel
Blok Baris atau Kolom yang mau di atur besar atau kecilnya ukuran
Pilih Menu Layout
Kemudian klik Height untuk Besar atau kecilnya kolom
Dan Width untuk besar kecilnya Baris.
G. Memilih Bagian dari Tabel
* Memilik Satu Sel : Letakkan kursor pada sel yang akan dipilih. Klik menu Table, lalu bawa ke Select kemudian klik Cell. Atau drag /set pada sel tersebut. Dapat juga meletakkan mouse pointer didalam sel hingga membentuk panah hitam yang arahnya ke kanan atas,lalu klik disitu.
* Memilih Baris : Letakkan kursor mouse pada baris yang diinginkan kemudian klik perintah SelectRow dari menu Table. Atau letakkan mouse pointer di sisi kiri baris yang akan dipilih hingga mouse pointernya berubah menjadi panah yang arahnya kekanan atas, lalu klik.
* Memilih Kolom : Letakkan kursor mouse pada kolom yang diinginkan kemudian perintah Select Column dari menu Table, atau letakkan kursor mouse diatas kolom yang diinginkan kemudian klik mouse.
* Memilih Table : Letakkan kursor mouse pada sembarang sel, Kemudian klik perintah Select - Table dari menu Table .
H. Mengatur Shading Tabel
Blok tabel yang ingin kita Border dan shading, Pilihlah tabel yang akan diberi efek Shading. Jika efek Shading hanya diberikan untuk sel tertentu, pililah sel tersebut saja.
Dari menu Page Layout, klik Page Borders , Shading akan ditampilkan seperti berikut ;
Kita dapat memilih bentuk garis yang anda inginkan.
I. Menggabungkan Sel
v Blok sel yang akan digabung
v Klik kanan pada area yang diseleksi,
v Kemudian klik Merge Cells.
Ò Untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu pada garis kolom yang ingin kamu geser,
Ò Arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu.
Ò setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, seperti contoh di bawah ini ;
1. Blok cell yang akan anda gabungkan.
2. Pilih Menu Layout kemudian klik Marger Cells
3. Maka akan secara otomatis kolom yang akan anda satukan akan menyatu.
J. Membagi Sel
Blok Cell yang akan dibagi.
Dari menu Layout, klik Split cells di toolbar. Kotak dialog akan ditampilkan.
Masukkan jumlah kolom atau baris yang diinginkan.
Klik tombol OK.
Blok Cell yang akan dibagi
Klik menu Layout – Split Cells pada toolbar
Gambar di atas menunjukkan anda akan membagi sell, tambahkan atau kurangkan kolom atau baris yang anda inginkan dengan mengklik panah ke atas atau kebawah Number of columns dan Number of rows.
K.Mengatur Posisi Teks Ditabel
* Blok teks yang ingin diubah
* Dari menu Layout, klik teks Direction. Kotak dialog teks Direction akan ditampilkan (Gambar)
* Berikut adalah kegunaan setiap Tool :
Draw Table : Digunakan untuk menggambar kotak tabel, baris atau kolom seperti menggunakan pensil dengan rol
Eraser : Menghapus garis untuk kolom atau baris
Line Style : Memilih jenis garis yang akan digunakan
Line Weight : Memilih tebal garis yang akan digunakan
Border color : Memilih warna garis yang akan digunakan
Borders : Untuk membuat bingkai pada sel atau tabel
Shading Color : Memberi Warna latar belakang pada sel atau tabel
Split Cell : Membagi sel menjadi beberapa sel
Align… : Menentukan posisi teks dalam sel ( ada 9 pilihan )
Distribute Row evenly : Menyamakan tinggi dari beberapa garis yang terpilih
Distribute Columns evenly : Menyamakan kolom dari beberapa garis yang terpilih
Table auto format : Mengformat tabel dengan autoformat
Change tex direction : Mengubah posisi arah teks
Sort ascending : Mengurutkan beberapa sel yang terpilih dengan urutan naik
Sort descending : Mengurutkan beberapa sel yang terpilih dengan urutan menurun
AutoSum
: Menjumlah angka dibeberapa sel yang ada di atas atau sebelah kiri sel aktif.