Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.
Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini.
Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagi menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab (lihat gambar 1.2) yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.
1.1 Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
v Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
v Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu
1.2 Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
Keterangan gambar 1.2:
Ø Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
Ø Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands. Contohnya toolbar pada gambar 1.2.
Ø Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
Ø Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
Ø Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja kekiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
Ø Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain.
Ø Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
Ø Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
Ø Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.
1.3 Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan
dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis
menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat
dokumen baru.
Ø Klik tombol Microsoft Office, lalu klik New
Ø Maka keluar kotak dialog New (gambar 1.3).
Pada kotak dialog new documen, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan
seperti:
Ø Blank document, untuk dokumen yang kosong.
Ø Installed template untuk membuat dokumen dari bebera template yang disertakan dalam paket Microsoft Word.
Ø My Template untuk dokumen dari template buatan.
Ø New from existing untuk membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada
Ø file yang telah disimpan.
Ø Jika komputer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat
Ø menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.
Ø Jika sudah dipilih, klik Create.
1.4 Mengenal Dasar Pengetikan
Ada dua istilah dalam pengetikan taitu Insertion point dan kursor, perbedaanya terletak
bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada
aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat
pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai
pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang
besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.
1.5 Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen
pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah:
Ø Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save As. (atau tekan CTRL+S, untuk perintah di key board atau juga icon untuk di toolbar quick access).
Ø Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As (lihat Gambar 1.4).
Ø Pada pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
Ø Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name, lalu klik Save.
Catatan:
Ø Untuk membuat folder baru klik
Ø Untuk menentukan tampilan deretan file dokumen
1.6 Menyimpan Setelah Melakukan Perubahan
Ø Untuk menyimpan dokumen yang baru saja di rubah di file asalnya (file itu juga), caranya
Ø tinggal Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save (atau tekan CTRL + S di keyboard).
0 komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.